TIPS CARA PASANG LAGU Di Blog Memasang Musik Blog

>> Tuesday

Akhirnya Bulan Ketiga Omset Bisnis Online Saya Rp 250 Juta/Bulan! ALHAMDULILLAH

Berikut ini tips cara memasang lagu atau musik di blog kamu. Blog semakin asyik dengan lagu dan musik yang menarik. Simak baik-baik tips pasang lagu diblog ini ya.


Memasang musik atau lagu di web/blog mudah kok. Tapi sebelum saya jelaskan bagaimana caranya, ada baiknya saya sharing info tentang hal-hal tersebut yang berkaitan dengan pemasangan musik di blog.



Sebenarnya apa tujuan kamu pengen pasang musik di blog? Agar lebih menarik? Agar membuat pengunjung lebih betah?
Tapi sepertinya memasang musik di blog justru bisa jadi hal yang bikin pengunjung 'kabur' lho dari blog kita, jika pemilihannya tidak tepat.Coba kalian perhatikan blog para blogger yang terkenal, blog yang sering jadi 'top blog', apa ada di antara mereka yang masang musik background di blognya? Tidak, kan...

Memasang musik di blog memang tidak sepenuhnya buruk. Tapi juga jarang dianjurkan.

Memasang lagu sebagai background (jika halaman dibuka otomatis lagu akan dimainkan) tidak dianjurkan jika file merupakan MP3 (atau WAV, WMA, dsb) yang ukurannya besar seperti satu lagu penuh. Hal ini akan 'memberatkan' pengunjung dalam mengakses halaman blog kita, apalagi kalau pengunjungnya dari Indonesia. Seperti yang kita tahu di Indonesia koneksi internetnya blom sepenuhnya bagus.
Untuk halaman blog teman kita yang tanpa background musik yang rata2 besarnya kurang dari 100KB saja masih ada yang mengeluh karena lelet jika dibuka di warnet, apalagi kalau halaman tersebut dipasang musik yang besarnya lebih dari 1 MB, kan.

Jadi, daripada pengunjung 'kabur' gara2 gak bisa nge-load blog kita, mendingan gak usah dipasang. Lagipula, belum tentu lagu kesukaan kita itu juga disukai oleh pengunjung blog kita :) Dan juga, jika lagu itu milik artis legal, malah bisa kesandung hak cipta.

Kalau file musik itu ukurannya hanya beberapa KB saja, ya tidak menjadi masalah dalam hal loading. Misalnya file suara ciap-ciap ayam yang besarnya kurang dari 10 KB, suara angin, dll. Yang jadi masalah, justru kalau si pengunjung merasa terganggu. Bisa saja kan, si pengunjung lagi dengerin musik di komputernya saat buka blog kita, lalu terganggu dengan suara background blog itu dan malah menutup blog kita.

Tapi,
jika kita tetap ingin menampilkan lagu di blog, cara yang bisa disarankan adalah dengan memasangnya di salah satu bagian blog, tapi bukan sebagai background (jadi tidak otomatis dimainkan saat blog dibuka). Dengan cara itu, pengunjung bisa melihat list lagu yang tersedia dan bisa memilih mau memainkannya atau tidak. Biasanya dipasang di sidebar.
Ok, cara inilah yang akan saya jelaskan.

Ada beberapa website yang menyediakan layanan free audio yang bisa ditambahkan untuk blog. Antara lain Song2Play, Odeo, Radio Blog Club, dan Last.fm. Saya akan kasi contoh untuk 2 layanan terakhir.

1. Memasang Lagu dari Radio Blog Club

* Buka website http://radioblogclub.com/
* Di bagian search, cari berdasarkan nama artis atau judul lagu. Tentu saja lagunya lagu barat yg tersedia di situ.
* Misalnya saya cari Muse, akan muncul berbagai lagu yang tersedia.
* Pilih salah satu lagu yang sesuai dengan pencarian kita.
* Klik di bagian berwarna biru di samping tiap lagu, lalu di kolom kanan akan muncul kode yang bisa kita tambahkan. Warnanya juga bisa diatur di situ (klik di tanda + nya). Kode itu bisa ditambahkan di sidebar atau dalam postingan (kalo di blogspot masuk ke mode 'edit html' jangan 'compose').
* Kita bisa menambahkan hingga beberapa lagu.



2. Memasang Widget Playlist dari Last.FM
Last.fm yang punya tagline The Social Music Revolution ini sedang ngetop (termasuk di Indonesia). Widget dari Last FM ini akan menampilkan playlist berupa beberapa lagu yang telah kita putar terakhir atau yang sering diputar di Winamp.
Sebenernya caranya agak panjang kalo ini, tapi saya tulis poin2nya aja, silakan coba sendiri aja yaa.. :)

* Sebelumnya, kita harus sign up dulu di http://last.fm.
* Trus kita juga harus download softwarenya, yang harus diinstal di komputer kita.
* Saat kita mendengarkan lagu di Winamp, Last FM akan menyimpan datanya (tentu saja kalo last fm nya dinyalakan. bisa di-minimize ke tray icon kok).
* Login ke situs last.fm, lalu pilih menu widget.
* Lalu, pilih warna widget yang diinginkan. Uncek saja di bagian 'Include friends listening now'.
* Di bagian bawah, klik di bagian 'Embed it:' yang Show me the code.
* Tambahkan kode yang muncul, ke blog kamu.

Baju Muslim Murah Berkualitas

Related Post



Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dapatkan Update Terbaru INFO SELEBRITIS TANAH AIR!

Powered By Info Dunia

Blog Archive

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP