ANAK ARLOJI Kisah Menghanyutkan Masyarakat Urban di 'Anak Arloji'

>> Tuesday

Akhirnya Bulan Ketiga Omset Bisnis Online Saya Rp 250 Juta/Bulan! ALHAMDULILLAH

ANAK ARLOJI Kisah Menghanyutkan Masyarakat Urban di 'Anak Arloji'
ANAK ARLOJI Kisah Menghanyutkan Masyarakat Urban di 'Anak Arloji'. Cerpenis Kurnia Effendi tergolong sastrawan yang sangat produktif menerbitkan karyanya. Kali ini, lewat 'Anak Arloji', ia menghimpun cerita tentang cinta, sosial bahkan psikologi di dalam masyarakat urban dalam ramuan yang menghanyutkan.

'Anak Arloji' berisi 14 cerpen karangan Kurnia yang pernah diterbitkan di media massa. Kurnia sengaja membukukan cerpen-cerpennya yang berserakan itu agar tersusun rapi, dan bisa menjadi dokumentasi pribadi.



Beberapa cerpen yang dikumpulkan adalah 'Noriyu' dan 'Kamar Anjar' yang pernah dimuat di Koran Tempo, 'Aromawar' dan 'Pertaruhan' (Majalah Matra), 'Kuku Kelingking' (Suara Merdeka), 'Panggilan Sasha' (Femina) dan 'Laut Lepas Kita Pergi' (Kompas).

Dari ke-14 cerpennya, Kurnia memberi bumbu serta penghayatan dalam tema yang berbeda. Misalnya saja di cerita 'Laut Lepas Kita Pargi', Kurnia bercerita tentang daerah yang diterjang tsunami, bagaimana para korban berahan hidup di tengah kesusahan. Ada lagi 'Anak Arloji' yang menjadi judul bukunya, bercerita tentang seorang ayah yang menunggu kelahiran anaknya.

"Ada juga yang realisme magis di 'Tetes Hujan Menjadi Abu' yang bercerita tentang seorang anak yang mempunyai firasat neneknya akan meninggal. Firasat itu ditunjukan saat hujan, tetesan hujan di tanah itu menjadi abu. Banyak yang bilang cerita itu menyedihkan, mengharukan, dan romantis," ungkapnya kepada detikhot, Selasa (26/4/2011).

Namun ada satu yang perlu digarisbawahi, meski cerita yang disajikan seputar kisah masyarakat urban, Kurnia tidak ingin dicap menggurui. Ia hanya ingin menyajikan cerita fiksi yang enak dibaca dan menarik.

"Saya nggak berharap (jadi tuntunan) sih, bukan khotbah atau terapi. Kan dalam hidup manusia itu kan banyak terjadi masalah. Bahwa problem itu kan terjadi di masyarakat urban, ini yang hidup di kota," ungkapnya.

'Anak Arloji' sudah beredar di toko buku sejak 19 Maret 2011. Buku tersebut akan didiskusikan di Serambi Salihara, Jalan Salihara, Jakarta Selatan pada 29 April 2011 pukul 19.00. Akan hadir Zen Hae (kritikus sastra) dan Akmal Nasery Basral (penulis prosa) sebagai pembahas. (detik.com)

Baju Muslim Murah Berkualitas

Related Post



Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dapatkan Update Terbaru INFO SELEBRITIS TANAH AIR!

Powered By Info Dunia

Blog Archive

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP