MAHASISWA ITB BUAT GAME MEMBATIK LAYAR SENTUH(TOUCHSCREEN) | Game Angry Bird Munculkan Burung Baru | Film Angry Birds Dalam Proses Pembuatan

>> Sunday

Akhirnya Bulan Ketiga Omset Bisnis Online Saya Rp 250 Juta/Bulan! ALHAMDULILLAH

Foto Mahasiswa Ciptakan Game Membatik Layar Sentuh
MAHASISWA ITB BUAT GAME MEMBATIK LAYAR SENTUH(TOUCHSCREEN) | Game Angry Bird Hadirkan Burung Baru | Film Angry Birds Dalam Proses Pembuatan. Menanamkan tradisi membatik bisa dilakukan dengan game modern. Ini dilakukan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang membuat program aplikasi batik ke dengan game teknologi layar sentuh (touchscreen).Game bernama Nitiki itu bentuknya seperti mesin atm. Game Nitiki dipajang di event Indonesia Bermain di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Bandung, Jawa Barat, yang dihelat sejak Sabtu 22 Oktober hingga hari ini, Minggu (23/10/2011).CIRI ANAK AUTIS PADA MATA DAN BIBIR | Penyebab Anak Autisme | Cara Penyembuhan Anak Autis danNEW BAJAJ PULSAR 2012 SEGERA DIPASARKAN | Spesifikasi Harga New Bjajaj Pulsar 2012 | Penjualan Bjajaj Naik 100 %.

Pembuat game Nitiki, Chandra Tresna (32) menyebutkan, game Nitiki memiliki 11 karakter hewan dan bunga yang bisa diwarnai dengan berbagai motif batik.Mahasiswa jurusan tekstil ITB ini menambahkan game Nitiki juga memiliki 30 objek pengisi seperti isen (istilah membatik yang membentuk titik-titik). Isen ini bisa dikombinasikan menjadi banyak corak dan motif.

Karakter dan motif batik tersebut diprogram ke dalam game hingga membentuk cerita. Cara memainkan game tidak beda dengan memainkan game berteknologi layar sentuh lainnya. Gamer bisa memilih objek yang ingin diwarnai, misalnya bunga atau binatang. Tubuh objek tersebut lalu diwarnai dengan cara menyentuhkan jari kepada objek.

Game ini bisa dimainkan secara bersama-sama atau bersifat multy touchscreen. "Nitiki beda dengan ganget biasa yang bersifat individual. Nitiki bisa dimainkan bersama sehingga memainkannya ada interaksi," terang Chandra, kepada okezone, Minggu (23/10/2011).

Sehingga, game Nitiki lebih tepan disimpan di aerah-area publik seperti museum, di bandara, atau pusat keramaian. Dia mengaku sudah menawarkan game Nitiki ke Museum Tekstil Jakarta dan Pekalongan. "Tetapi belum ada respons.Mungkin jika sudah mobile baru bisa," tuturnya.

Game tersebut di selesai dibuat 2009, hasil dari pengembangan tesis Tresna selama mengikuti Program Studi Game Teknologi ITB.Pada 2010 Nitiki berhasil menang dalam kompetisi INA-ICTA 2010, lalu menjadi finalis Indo Young Creativity Entrepreneur 2010.Sebenarnya, game Nitiki dibuat bukan untuk mengajari langsung tradisi membatik, tetapi berusaha menanamkan tradisi membatik secara tidak langsung. Sehingga para gamer tidak merasa digurui membatik.

Sedangkan unsur tradisi juga tetap ada sambil memanfaatkan perkembangan teknologi. "Misalnya game sekarang tak tergantung stick tapi cukup dengan menyentuh dan meraba sudah bisa dimainkan," paparnya.
Rencana, Nitiki akan dikembangkan ke dalam bentuk game mobile. "Yang ini beda platformnya saja jadi perlu diubah dikit untuk bisa jadi mobile," terangnya.

Dalam menyambut perayaan Halloween tahun ini, Rovio menghadirkan karakter burung baru di game Angry Bird.Karakter burung baru di Angry Birds tersebut berwarna oranye, namun belum memiliki nama. Burung oranye tersebut memiliki kemampuan untuk menggandakan beberapa kali lipat ukurannya. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Minggu (23/10/2011).

Pihak Rovio sendiri sudah mengeluarkan sebuah video trailer untuk karakter baru ini. Burung oranye ini juga merupakan bagian dari Angry Birds Ham 'O'Ween, game Angry Birds bertemakan Halloween dengan 30 tingkat kesulitan.

Angry Birds Ham’O'Ween juga merupakan bagian dari seri Angry Birds Seasons. Andrew Stablow, pihak eksekutif Rovio mengatakan bahwa karakter baru ini akan bisa dimainkan ketika pengguna melakukan update terakhir terhadap Angry Birds Seasons.
Salah satu game yang banyak digandrungi saat ini, Angry Birds, saat ini versi layar lebarnya sedang dalam proses pembuatan.

Nampaknya game ini belum kehilangan pamornya, terbukti dengan banyaknya jumlah pengunduhan berbagai versi Angry Birds yang mencapai 400 juta kali pengunduhan dan berencana melakukan ekspansi besar.Seperti dilansir BBC, Minggu, (23/10/2011), mengenai rencana pembuatan filmnya, pihak perusahaan Angry Birds, mengatakan bahwa film mengenai game tersebut saat ini sedang dalam proses pembuatan.

"Kami baru saja mengontrak mantan kepala Marvel Studio yang memproduksi Iron Man, David Maisel, untuk memimpin pembuatan film kami," ujar Stalbow.Studio ini sedang mengerjakan serangkaian video pendek yang akan dirilis tahun depan.Rovio, yang berbasis di Finlandia ini baru saja membeli sebuah studio animasi di Helsinki. Stalbow mengatakan, "Kami mengalami pertumbuhan yang sangat kuat, tapi kami baru saja memulainya".

"Tujuan tersebsar kami adalah memiliki sattu juta penggemar," tambah Stalbow.Saat ini setengah penggemar Angry Birds ada di Amerika Serikat, dengan pasar tersebsar ke dua di China dengan pertumbuhan pasar yang cepat.okezone.com

MAHASISWA ITB BUAT GAME MEMBATIK LAYAR SENTUH(TOUCHSCREEN) | Game Angry Bird Hadirkan Burung Baru | Film Angry Birds Dalam Proses Pembuatan, Game Terbaru Angry Birds,

Baju Muslim Murah Berkualitas

Related Post



Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dapatkan Update Terbaru INFO SELEBRITIS TANAH AIR!

Powered By Info Dunia

Blog Archive

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP