GTA V DIPERKENALKAN BESOK GAME TERBARU 2012 | Waspadai Game Kekerasan Dalam GTA | Chiet Game GTA V Terbaru Update

>> Wednesday

Akhirnya Bulan Ketiga Omset Bisnis Online Saya Rp 250 Juta/Bulan! ALHAMDULILLAH

Foto Game Terbaru GTA V 2012 Diperkenalkan Publik Gamers
GTA V DIPERKENALKAN BESOK GAME TERBARU 2012 | Waspadai Game Kekerasan Dalam GTA | Chiet Game GTA V Terbaru Update. Bila tidak ada aral melintang, 2 November menjadi tanggal yang dinanti oleh jutaan orang, lebih tepatnya penggemar seri video game Grand Theft Auto, dari seluruh dunia. Sesuai janji, pengembang permainan ini yakni Rockstar, bakal merilis trailer perdana permainan ini.FOTO SYUR DUGEM NIKITA WILLY | Heboh Beredar Foto Syur Nikita Di Internet dan TYPE SPESIFIKASI HARGA BLACKBERRY PLAYBOOK TERBARU | Bayar 2 BlackBerry Playbook, Dapat 3 Unit Hingga Akhir Tahun 2011.

pengembang game tersebut membuat heboh dengan meluncurkan logo GTA V yang menimbulkan reaksi yang ramai. Penggunaan font yang mencolok pada huruf V dibahas secara mendalam oleh para penggemar sebagai satu-satunya petunjuk untuk menebak-nebak setting lokasi hingga tokoh protagonis yang bakal dimainkan.

Menengok ke belakang, hal sama juga terjadi sewaktu peluncuran perdana trailer GTA IV yang menampilkan tokoh protagonisnya, Niko Bellic, pada 29 Maret 2007. Dengan kutipan aksen Eropa Timurnya, Bellic berucap "Life is complicated. I've killed people, smuggled people. Here, maybe thing's will be different,".
Saat itu, video berdurasi 1 menit tiga detik dianalisa secara mendetail oleh para penggemar, demi menggali informasi tambahan selain tampilan visual dari permainan tersebut.

Grand Theft Auto adalah seri permainan yang memiliki reputasi yang meriah bagi penggemarnya tapi sekaligus buram bagi penentangnya. Permainan ini disebut-sebut mendukung kekerasan dan anarkisme karena memungkinkan tokoh utama untuk berbuat sesukanya dalam setting lokasi yang menyerupai kota yang nyata. Mereka bisa membajak mobil yang melintas, menembaki pejalan kaki, hingga adu tembak dengan petugas kepolisian.

Peluncuran video trailer ini diperkirakan menjadi jawaban Rockstar akan permainan Saints Row: The Third yang sedang dikembangkan. Banyak yang menyebut bahwa Saint's Row bakal menggusur GTA yang dianggap tidak menyenangkan lagi. Beberapa video trailer yang dikeluarkan pengembangnya menampilkan seri ke tiga permainan ini memiliki gameplay yang lebih "gila" dan visual yang lebih baik.

Yang bisa dilakukan sekarang adalah menanti strategi pemasaran dari Rockstar untuk beraksi. Keuntungan finansial sudah bisa dirasakan sejak pengumuman ini seperti melonjaknya saham penerbit game GTA, Take Two Interactive menjadi enam persen saat logo permainan diperkenalkan. Kenaikan saham itu diperkirakan banyak analis kembali terjadi bila trailer diluncurkan 2 November besok.

Detail Hebatnya lagi, informasi seolah terkunci rapat dari mulut Rockstar berikut para stafnya. Satu hari menjelang peluncuran perdana trailer ini, belum ada bocoran yang beredar mengenai permainan ini. Yang jelas, baru ada spekulasi yang dihembuskan beberapa situs game dengan menyebut Rockstar bakal mereka ulang kota Los Angeles sebagai setting utama permainan ini.

Perdebatan pun mengalir panas dari berbagai situs game yang berusaha menafsirkan satu-satunya petunjuk yang mereka punya, logo permainan. Dari huruf V, ada yang menyimpulkan bahwa GTA V bakal kembali ke Vice City, sebuah kota rekaan yang mendapatkan inspirasi dari Miami. Namun, ada pula yang menyimpulkan bahwa V itu bisa disingkat dari Vegas. Hanya saja, semua spekulasi tersebut mentah tanpa ada konfirmasi apa pun dari pihak Rockstar.

Dan Houser, Vice President of Creative di Rockstar Games, dalam sebuah wawancara dengan entertainment weekly terkait peringatan satu dekade permainan GTA, menyebut bahwa permainan ini sangat kental kaitannya dengan Amerika Serikat, terbukti dengan setting lokasi di kota yang mirip seperti Liberty City dengan New York, San Andreas dengan Los Angeles, maupun Vice City dengan Miami.

Pernyataan Houser bisa memperkecil kemungkinan setting lokasi di GTA V mengingat ada juga spekulasi yang menyebut GTA V bakal berlokasi di Sao Paulo, sebuah kota yang dikenal dengan angka kriminalitas tinggi sehingga cocok dengan tipikal permainan GTA yang keras dan tanpa aturan.

Terkait tokoh protagonis, hampir semua pihak kebingungan untuk memperkirakan tokoh protagonis yang muncul. Hampir semua memiliki latar belakang berbeda seperti Tommy Vercetti dari GTA Vice City yang memiliki darah Italia, Carl "CJ" Johnson dari GTA San Andreas yang mewakili orang kulit hitam, hingga Niko Bellic pada GTA IV yang berlatar belakang imigran dari Eropa Timur.

Hingga berita diturunkan, beberapa situs seperti gtav.net mencantumkan penghitungan mundur jelang peluncuran trailer perdana GTAV. Mari menunggu dengan penuh antusiasme.

Membiarkan anak bermain "game" sendirian tak aman, apalagi bagi orang tua yang lebih banyak berada di luar rumah, demikian badan pemeringkat perangkat lunak permainan video mengingatkan. Tidak semua game yang dimainkan anak-anak itu mendidik, bahkan ada game yang dikenal karena kekerasan dan tayangan "seks bebasnya", seperti "Grand Theft Auto" (GTA). Game berlabel M, alias "mature" atau untuk usia di atas 17 tahun. Di negara asalnya, game itu memang bukan ditujukan untuk anak-anak.

Game itu ditujukan kepada mereka yang berusia 17 tahun, atau orang yang sudah bisa membedakan yang baik mana dengan yang buruk dan menyadri GTA merupakan karya fiksi, bukan realitas yang layak dicontoh. Presiden ESRB, badan pemeringkat perangkat lunak permainan video, Patricia Vance mengatakan, permainan itu biasanya diminati mereka yang berusia 30 tahun bukan para remaja, karena isinya memang tidak sesuai untuk remaja.

Menurut pendiri "National Institute On Media and The Family" David Walsh Phd, GTA IV banyak berisi kekerasan, penuh pertumpahan darah, para tokohnya sering berbahasa kasar, dan memperlihatkan isi yang mengarah pada seks, agak memunculkan ketelanjangan, dan menampilkan secara terbuka penggunaan alkhohol dan minuman keras.

Persoalannya, apakah di Indonesia katagori game berlabel M ini bisa dipantau? Apakah orang tua di Indonesia sadar bahwa anaknya kurang cukup umur untuk menyaksikan bahkan memainkan tokoh-tokoh yang aktif dalam "game" yang dikatagorikan oleh Softpedia (www.softpedia.com) dengan nilai 9,5 atau terpuji itu "game" untuk dewasa?

Menurut Patricia dan David Walsh, organisasi mereka mendukung dan memberikan informasi kepada orang tua sebelum membeli game yang berlabel M.

"Seharusnya orang tua mencari rating ESRB yang ada di kotak ’game’, yang menyediakan informasi apakah ’game’ ini sesuai dengan usia anaknya atau tidak, karena rating ESRB sendiri sudah menjelaskan isi dari game tersebut secara rinci," ujar Patricia. Kebanyakan di Amerika, GTA memang diminati oleh mereka yang berusia di atas 30 tahun, dan dalam banyak hal kurang cocok bagi anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun. Selain itu, GTA juga bermasalah di mana-mana. GTA menjadi perhatian publik Inggris setelah seorang pria di Inggris kaget bukan kepalang ketika membeli "game" tersebut untuk anak tercintanya.

Setelah ia membuka box GTA ternyata ia menemukan empat butir ekstasi dalam kaset tersebut. Demikian dilansir Softpedia, Kamis, minggu lalu. "Ketika saya membuka plastik bungkus ’game’ tersebut dan membukanya, saya kaget dan tak percaya mendapati empat buah ekstasi. Sulit dibayangkan jika dua anak saya yang menemukannya," ujar pria tersebut.

Setelah itu, pria tersebut langsung melaporkan temuannya kepada polisi untuk menyelidiki barang tersebut. Polisi langsung memeriksa dan meminta keterangan pemilik "GameStation", tempat pria tersebut membeli ’game’. Pengelola "GameStation" itu menyatakan tak mengetahui ada pil ekstasi dalam produk yang dijualnya.

Efek agresivitasJauh sebelumnya, distributor "game" asal Thailand menghentikan penjualan video game GTA setelah seorang remaja lokal mencoba melakukan perampokan dan mengamuk dengan meniru cara-cara di "video game" itu. Remaja berumur 18 tahun tersebut sekarang berada dalam pengawasan ketat pihak berwenang. Dia telah merampok seorang supir taksi dan mencuri mobilnya, serta menabrak pengemudi lainnya yang berumur 54 tahun.

Remaja tersebut mengungkapkan kepada polisi yang menangkapnya bahwa ia melakukan hal gila tersebut dikarenakan ia ingin mengetahui apakah merampok sebuah taksi di dunia nyata semudah merampok taksi di video. Distributor "New Era Interactive" (NEI) telah menghentikan penjualan video game GTA, dan menurut laporan Reuters, outlet dan toko di Thailand mulai menarik keluar video GTA dari peredaran.

Tetapi tidak benar pihak NEI menarik semua serial GTA, serial terakhir yaitu "Grand Theft Auto: IV" tetap menjadi fokus utama perusahaan itu. GTA memang menarik, karena tampilannya yang seperti nyata.

Pada edisi awalnya, "Grand Teft Auto versi San Andreas", permainan itu tampak menyenangkan untuk dimainkan karena inovatif dan memberikan kebebasan pada pemainnya untuk bereksplorasi, termasuk kebebasan melakukan kekerasan. Kekerasan dalam "game" tersebut dibuat seolah-olah sebagai suatu yang menyenangkan dan memberikan efek ketagihan. Semakin sering pemain melakukan kekerasan, semakin banyak kebrutalan yang bisa dimainkan.

Bukan hanya diizinkan mencuri mobil, menabrak polisi, atau melanggar aturan lalu-lintas, pada bagian bonusnya, sang pemain akan dihampiri oleh seorang gadis dan mereka akhirnya bisa pergi ke suatu tempat dan melakukan seks bebas. Bagian itu yang kemudian dikeluhkan banyak orang tua, karena anak-anak akan melihat kegiatan dalam permainan itu sebagai sesuatu yang boleh dicontoh.

Itu sejalan dengan pernyataan pakar Albert Bandura, yang menyatakan, agresi sebagai efek komunikasi massa yang secara perlahan merasuk kedalam benak pikiran anak-anak. Teori yang diangkat paka itu disebut sebagai teori belajar sosial yang relevan bila dikaitkan dengan pengaruh GTA bagi perkembangan anak-anak.

Menurut teori belajar sosial dari Bandura, orang, termasuk anak-anak dan remaja, cenderung meniru perilaku yang diamatinya. Dengan kata lain rangsangan, baik yang sifatnya verbal apalagi visual dari televisi dan "game", bisa menjadi teladan untuk perilaku anak-anak yang melihatnya.

Pakar ilmu komunikasi Jalaluddin Rakhmat dalam bukunya "Psikologi Komunikasi" bahkan melihat bahwa teori itu menarik bila dikaitkan dengan konteks Indonesia. Menurut dia, orang bisa belajar berbahasa yang baik, atau bahkan yang buruk, karena mengamati setiap hari acara televisi yang ditampilkan oleh tokoh-tokoh yang mereka sukai. Proses meniru terhadap tindakan agresif seperti itu yang bisa terjadi pada anak-anak yang sering memainkan GTA.kompas.com

GTA V DIPERKENALKAN BESOK GAME TERBARU 2012 | Waspadai Game Kekerasan Dalam GTA | Chiet Game GTA V Terbaru Update, Game GTA V Resmi Dikembangkan, Gamen Online Gratis GTA V

Baju Muslim Murah Berkualitas

Related Post



Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dapatkan Update Terbaru INFO SELEBRITIS TANAH AIR!

Powered By Info Dunia

Blog Archive

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP