NAMA NAMA GELAR PAHLAWAN YANG DISEMATKAN SBY 2011 | SBY Sematkan Gelar Pahlawan ke Sejumlah Tokoh | Soeharto dan Gus Dur Belum Diusulkan Pahlawan

>> Wednesday

Akhirnya Bulan Ketiga Omset Bisnis Online Saya Rp 250 Juta/Bulan! ALHAMDULILLAH

DAFTAR NAMA GELAH PAHLAWAN YANG DISEMATKAN SBY 2011NAMA NAMA GELAR PAHLAWAN YANG SEMATKAN SBY 2011 | Nasional   SBY Sematkan Gelar Pahlawan ke Sejumlah Tokoh |  Soeharto dan Gus Dur Belum Diusulkan Pahlawan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memberikan gelar pahlawan  dan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh nasional di Istana Negara, Jakarta pada Rabu 8 November 2011. Lihat FOTO POSE MENGGODA SHAKIRA WALK OF FAME | Shakira Diabadikan di Hollywood Walk of Fame 2011 dan BLACKBERRY DEWI PERSIK HILANG | Dewi Persik Syok Blackberry Hilang ' Ada Apa Di Blackberry Dewi Persik?'.

"Besok presiden akan menyematkan tanda gelar pahlawanan dan tanda kehormatan kepada individu atau tokoh-tokoh yang pantas mendapat penghargaan. Acaranya jam sebelas," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin 7 November 2011.

Sayangnya, Julian tidak menyebutkan siapa saja yang akan diberikan gelar tersebut. "Ya nanti kita tunggulah, nanti kita lihat bersama, saya tidak boleh mendahului kan" katanya.

Menurut Julian, ketua panitia penganugerahan itu adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto. Julian mengatakan, pemberian gelar pahlawan dan kehormatan itu telah sesuai dengan prosedur, yakni undang-undang nomor 20 tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan Pahlawan Nasional.

"Dan kemudian juga ada, peraturan pemerintah nomor satu tahun 2010 tentang dewan yang bekerja untuk mengimplementasikan atau melaksanakan amanat undang-undang itu.itu ada prosesnya, jadi tidak serta merta diusulkan oleh masyarakat di proses, ada mekanismenya ada pasal nomor 32 di dalam UU Nomer 20 tahun 2009 yang mengatur khusus usulan siapa yang pantas mendapat tanda jasa," ujarnya.

PPP Bangga Idham Chalid Jadi Pahlawan


SBY Sematkan Gelar Pahlawan ke Sejumlah Tokoh Partai Persatuan Pembangunan bangga dan menyambut gembira ditetapkannya pendiri PPP, Idham Chalid sebagai pahlawan nasional.

Penetapan Idham Chalid, menurut Sekjen PPP M. Romahurmuziy, menggembirakan dan sesuai dengan usulan DPP PPP dan DPW PPP Kalsel.

"Ini bukti bahwa ketokohan dan perjuangan pak Idham diakui oleh negara," ujar Romi, sapaan Romahurmuziy dalam rilisnya.

Perjuangan Idham Chalid juga, kata Romi, merupakan bentuk pengakuan atas peran lintas zaman dan lintas rezim dari ketua umum terlama PBNU sekaligus pendiri PPP.

"Ini juga sekaligus kabar menggembiarakan untuk para politisi. Bahwa nilai-nilai luhur masih menjadi tanggung jawab dan harus diperankan oleh para politisi kita," tuturnya.

Ditambahkannya, penetapan Idham Chalid sebagai pahlawan nasional harus membuat para politisi di negeri ini, agar meneladani para pendahulu, dan mengembalikan politik kepada jati diri keluhurannya.

Siang tadi, di Istana Negara, Jakarta, Presiden SBY telah menyematkan gelar pahlawan kepada tujuh tokoh yang diwakili oleh ahli waris masing-masing.

1. Syafruddin Prawiranegara (ahli waris/perwakilan Aisyah Prawiranegara)
2. KH Idham Chalid (ahli waris/perwakilan Siti Rukayah Idham Chalid)
3. Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan Buya Hamka (ahli waris/perwakilan Fathiyah Hamka)
4. Ki Sarmidi Mangunsarkoro (ahli waris/perwakilan Zwiyata Wardhani Mangunsarkoro)
5. I Gusti Ketut Pudja (ahli waris/perwakilan IGM Arinta Pudja)
6. Sri Susuhunan Paku Buwono X (ahli waris/perwakilan BRA Mooryati Soedibyo)
7. Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono (ahli waris/perwakilan IM Wartono)

Selain itu, Presiden SBY juga memberikan Bintang Mahaputera Adipradana kepada Sultan Sulaiman Syariful Alamshah (Alm).

Serta Bintang Budaya Parama Dharma kepada :

1. Benyamin Suaeb (Alm)
2. Hasbullah Parindurie (Alm)
3. Gondo Durasim (Alm)
4. Huriah Adam (Almh)
5. Idrus Tintin (Alm)
6. Kwee Tek Hoay (Alm)
7. Sigit Sukasman (Alm)
8. Go Tik Swan (Alm)
9. Gedong Bagus Oka (Ni Wayan Gedong)

Soeharto dan Gus Dur Belum Diusulkan Pahlawan

Soeharto dan Gus Dur Belum Diusulkan PahlawanDua mantan Presiden, Soeharto dan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, hingga saat ini belum mendapat gelar pahlawan. Bagi pemerintah, tokoh-tokoh yang akan disematkan menjadi pahlawan tergantung adanya usulan dari bawah.

Lalu, mengapa Soeharto dan Gus Dur tidak juga menyandang gelar pahlawan? "Karena tidak ada yang mengusulkan. Kalau masuk di Kementerian Sosial itu pasti sudah dibahas di situ," kata Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa, Tanda Gelar, dan Tanda Kehormatan, Djoko Suyanto di Istana Negara, Jakarta, Selasa 8 November 2011.

Menurut Djoko, penyematan gelar pahlawan biasanya dilakukan dua kali dalam setahun. Yakni, saat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, dan pada saat Hari Pahlawan 10 November. "Tidak semua dalam satu event," kata Djoko yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan ini.

Djoko menekankan Pahlawan Nasional itu diseleksi di Kementerian Sosial berdasarkan usulan dari daerah dan kelompok masyarakat.

"Diseleksi oleh tim dari Kemensos, Mabes TNI umumnya hampir seluruhnya, sejarawan atau tokoh masyakarat, ada 12-13 orang. Setelah itu masuk ke Dewan Gelar," kata Djoko.

Dia menambahkan, syarat-syarat umum bagi seseorang menyandang gelar pahlawan sudah diatur dalam undang-undang. Syarat umumnya yakni, bukan hanya warga negara Indonesia, tapi memiliki integritas moral yang tinggi.

Mereka juga harus memiliki keteladanan dan berjasa kepada nusa dan bangsa sesuai bidangnya, berkelakuan baik dan setia, tak pernah mengkhianati bangsa. 
"Tidak pernah dipidana selama lima tahun. Syarat khususnya, gelar pahlawan nasional diberikan kepada mereka yang pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan di bidang lain untuk mencapai dan mempertahankan dan mengisi kemerjdekaan serta mengisi persatuan dan kesatuan bangsa," jelas Djoko.

Syarat lainnya, tidak pernah menyerah kepada musuh, melakukan pengabdian dan perjuangan sepanjang hidupnya. "Pernah melahirkan gagasan kepemimpinan besar dan menghasilkan karya besar seperti Buya Hamka," kata Djoko.

Selain itu, sosok yang akan mendapat gelar pahlawan juga konsisten dalam perjuangannya. "Terakhir, jangakauan perjuangannya nasional. Jadi kalau jangkauannya kedaerahan mungkin tingkatnya bukan pahlawan nasional," jelasnya lagi.

Tim Dewan Gelar ini juga diisi oleh tokoh-tokoh nasional seperti Quraish Shihab, TB Silalahi, Juwono Sudarsono, Jimly Asshidiqie, dan Eti Setiawati.
• VIVAnews

NAMA NAMA GELAR PAHLAWAN YANG DISEMATKAN SBY 2011, SBY Sematkan Gelar Pahlawan ke Sejumlah Tokoh, Soeharto dan Gus Dur Belum Diusulkan Pahlawan, Tokoh Tokoh Nasional, Sosok Gelar Pahlawan, Pahlawan Nasional, Nama Nama Tanda Jasa, Nama Nama Gelar Kehormatan, Bintang Budaya Parama Dharma, Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan Pahlawan Nasional.

Baju Muslim Murah Berkualitas

Related Post



Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dapatkan Update Terbaru INFO SELEBRITIS TANAH AIR!

Powered By Info Dunia

Blog Archive

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP